Tata Kelola IT

Baik kali ini saya akan membahas mengenai tata kelola IT. Apakah kalian tau apa itu Tata Keloal IT (IT GOVERNANCE), jika tidak tahu mari baca penjelasan di bawah ini sampai selesai. Terdapat beberapa pengertian tata kelola IT yaitu :

Menurut (Peter Weill & Jeanne W Ross – MIT, 2004) Tata Kelola IT merupakan Penentuan Hak Keputusan dan kerangka kerja akuntabilitas untuk mendorong perilaku yang diinginkan dalam menggunakan Teknologi Informasi.

Sedangkan menurut (Australian Standard on Corporate Governance of ICT, 2005) Tata Kelola IT merupakan cabang yang melibatkan ICT dalam mengevaluasi dan mengarahkan rencana penggunaan Teknologi untuk mendukung organisasi dan memantau penggunaan Teknologi Informasi untuk mencapai rencana strategis perusahaan.

Standart Tata Kelola IT (IT GOVERNANCE)

Standar

Fokus

IT-Infrastructure Library IT SERVICE

–          Service Support

–          Service Desk

COBIT Control IT Process menggunakan skala non-existence sampai optimized (0-5)
IT-Service Management Penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktifitas yang terkait IT dan interaksinya dengan Customer (Lebih Kompleks di bidang IT-Infrastructure Library)

 

MANFAAT dari TATA KELOLA IT (IT GOVERNANCE) di Perusahaan

Secara Umum

  1. Manajemen Eksekutif

Peningkatan kualitas layanan IT dari segi waktu

  1. Pemilik Bisnis (Business Owner)

Pengurangan atas Resiko IT dan penghematan biaya

  1. Manajer Lain

Melakukan peningkatan pengiriman IT Service

  1. Semua Pekerja IT

Aktivitas kinerja akan lebih efektif dan efisien

ISACA

  1. Transparency & Accountability

Transparan trhadap IT COST yang digunakan, dan membantu dalam menjelaskan pengambilan keputusan

  1. Stakeholder Value

Meningkatkan kinerja tiap stakeholder yang memiliki hubungan langsung dengan IT yang sedang dikerjakan

  1. Opportunities & Partnership

Menjalin hubungan kerja sama dengan Partner yang sudah ada, dan dapat memanfaatkan kesempatan guna meningkatkan kinerja perusahaan

  1. Performance Improvement

Meningkatkan performance dengan menerapkan IT Service atau Project Support, untuk memperbaiki identitas dari perusahaan

  1. External Complience

Mengizinkan sebuah pendekatan integrasi untuk mempertemukan Legal External dan syarat/ peraturan dalam perusahaan

 

Penerapan dari TATA KELOLA IT (IT GOVERNANCE) di Perusahaan

  1. COBIT Framework terdiri dari 4 domain utama :
  • Planning and Organization (perencanaan dan penyelarasan).
  • Aquisition and Implementation (penerapan IT)
  • Delivery and Support (pelayanan).
  • Monitoring (pengawasan).
  1. ITIL Frameworknya terdiri dari :
  • Service Support
  • Service Desk
  • Service Delivery
  • IT Service Continuity Management
  • Financial Management to TI Service

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, saya harap kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk kemajuan tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *