Web 3.0

Dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba menjelasakan apa itu Web 3.0. Banyak yang tidak mengetahui apa itu Web 3.0 maka dari itu saya akan mencoba sedikit menjelaskannya. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

social-web-3_0

Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.

Masih menggunakan definisinya Tim Berners-Lee, web 3.0 didefinisikan sebagai web “read-write-execute”. Generasi ketiga dariweb yang biasa dikenal dengan semantik web memiliki format portabel personal web. Semantik web di mana menggunakan teknologi Artificial Inteligence beserta algoritma-algoritma di dalamnya guna mempersonalisasi mesin dengan usernya. Dimana istilah Web 3.0 pertama kali dimunculkan oleh Jhon Markoff pada tahun 2006. Web 3.0 diyakini sebagai generasi ke tiga (kelanjutan dari web 2.0) dari internet yang akan berkembang pada dekade 2010-2020. Tujuan utama dari web 3.0 adalah meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna internet melalui ketersediaanmachine-facilitated understanding of information.

Web 3.0 juga memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut :

  1. Integrasi web kedalam produk Rumah tangga seperti TV, Kulkas atau Jendala pintar atau home entertainment contoh produk ini adalah Smart windows dari samsung atau Google Nexus Q
  2. Semantic Web, Contoh dari penggunaan dari semantic web adalah Knowledge graph di Google Search
  3. Natural language  prosesing. Perintah menggunakan suara. Contohnya adalah Siri, Voice Action Android atau Voice search di Google
  4. Location based service dan personifikasi informasi. Web tidak lagi memberikan informasi, namun solusi. Contoh layanan ini adalah Layar dan Google Now.
  5. Komputer (dan web)  yang bisa dipakai , Contoh dari produk ini adalah Google glass.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada yang tidak jelas, untuk itu saya harap kepada pembaca untuk memberikan kritik dan sarannya yang bersifat membangun untuk kemajuan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *