Webometric

Baik kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai webometric, banyak yang tidak tahu apa itu webometric maka dari itu saya akan mencoba menjelaskannya, berikut ini penjelasannya.

Webometric adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia (sekalipun masih ada yang meragukan tingkat validitasnya).

Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol (Inggris: Spanish Nationan Research Council (CSIC)) yang berlokasi di Madrid. Tujuan dari Peringkat ini adalah untuk meningkatkan kehadiran akademik dan institusi peneliti di Web dan juga mempromosikan hasil publikasi ilmiah terbuka. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan diperbarui setiap Januari dan Juli. Sampai saat ini pemeringkatan telah mencakup lebih dari 24.000 Institusi Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Mulai Juli 2012, Kriteria penilaian yang digunakan oleh Webometrics kali ini berubah dari sebelumnya. Selama ini Webometrics menggunakan kriteria sizevisibilityrich text, dan scholary, namun kali ini Webometrics menggunakan presence (20%)impact (50%),openness (15%), dan excellence (15%) sebagai kriteria penilaian.

Inilah contoh tampilan webometric untuk pemeringkatan se-Indonesia

2-1

 

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, saya harap kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun demi memperbaiki tulisan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *